*Menu sehat untuk golongan darah A

Teman’s.. kemarin,   waktu main-2 ke ruang dokter.. aku dapat perbincangan yang menarik mengenai menu makanan yang sesuai dengan golongan darah A..yang kebetulan memang golongan darah ku..
mungkin sebagian teman’s..sudah sering membacanya ya… tapi boleh dong aku tulis lagi di halaman ini.. sekedar mengingatkan saja.. khususnya dirikuuu.. :lol:

Pemilik golongan darah A rentan mengalami kegemukan akibat mengkonsumsi makanan yang tidak benar, makanan yang harus di hindari untuk mencegahnya (utk gol darah A) :
-daging, susu, kacang merah, dan gandum jika berlebihan..

Makanan-minuman yang bisa menurunkan berat badan.:
Konsumsi makanan ini dapat menurunkan berat badan yang berlebih.
-sayur, minyak sayur, kedelai, dan produk olahannya, nanas.

Makanan minuman yang menguntungkan
dibawah ini makanan minuman yang bermanfaat tuk menjaga kesehatan tubuh jika di konsumsi sesuai dengan porsi makan dan pengolahan yang di anjurkan.

Seofood dan ikan
Untuk mendapatkan nutrisi yang baik harus pengolahannya dengan cara
dibakar, di panggang, direbus…
#semua ikan laut seperti mackerel, pickerel, gindara, salmon, kakap, sarden
#siput
#semua ikan air tawar: Ikan mas, Gurame, (temennya Gusepi), patin, gabus, dan lele.

Sayuran
Sayuran sebaikanya dimakan mentah atau di steam untuk mendapat nutrisi terbaik
#kedelai dan produk olahannya: tempe, tahu, susu kedelai, dan tauco
#sayuran hijau : brokoli , bayam, kangkung, caisim, daun singkong, petersely (bukan peterpan)
#bawang: bawang putih, bawang merah, bawang bombay
#wortel, & labu

Buah
Dianjurkan untuk memakan buah sehari 3 kali, umumnya semua buah cocok, kecuali: mangga, pepaya, jeruk…
(aaaHhh.. kesukaan aku semua ituuuuu….)

Makanan & minuman yang netral
Makanan dan minuman di bawah ini netral di konsumsi tetapi harus sesuai dengan posrsi masing-2 spt:

(dagingan) Ayam, kalkun, tuna

(sayuran) kembang kol, seledri, rumput laut, tomat, jamur shitake, paprika, asparagus, mentimun, jagung, dan produk olahannya, kecambah,

(buah-2an) Alpukat, belimbing, pir, kiwi, bit, melon, apel, kismis, blackcurrant, strawberry, peach, jambu, red currant, semangka,

(makanan lain) nasi, mentimun jepang, selai kacang, mint, kayu manis, oatmeal, agar-2, bokcoy, semua tepung-2an, salad dressing low fat, youghurt, kefir, vanilla, susu kambing, coklat, madu

Nha ini niiyh.. Makanan yang harus di hindari..!

Daging: daging babi (haram lagiii..!!) daging kambing, dgng kerbau, dgng sapi, angsa, dgng lembu
##bilang aja semua daging.. ah..!!

Seafood: kodok, ikan hering,(?) telur ikan (enak niyh padahal) udang (hmm..) kerang, halibut, lobster (yaelaah..) cumi, gurita

Sayuran: Kentang, jinten, kol, cabai merah & kuning,rawit, kacang merah, acar.

Buah: pisang, melon, jeruk, mangga, kelapa, pepaya…
(untung durian ga di larang.. heheeee..)

Jenis makanan lain : mentega, keju permesan , tepung gandum, blue cheese, roti tawar, saus tomat

Minuman: segala minuman bersoda,susu murni, susu skim, teh hitam, ice cream (pfuiih..??)

Mungkin memulainya akan terasa berat, merubah kebiasaan makan kita yang sudah di jalani selama ini.. tapi kalau mau hijrah ke hidup lebih sehat kenapa ndak di coba..?? yuuk coba yuuk.. Ayo..!! kamu bisa..! :-)

gol darh A

sumber: dr.Rina Nur

About these ads

19 thoughts on “*Menu sehat untuk golongan darah A

  1. Yaa Rabb…….. Pepaya, Pisang, Jeruk,……. Cabe…… andalanq banget….
    tapi, qu ucapkan terima kasih banyak atas info sehatx ini….. sangat bermanfaat InsyaAllah

    *eM.. trimakasih jg sdh mampir di halaman q.. :)

  2. salam…..
    waduuhh…
    kenapa keju juga masuk kaka….
    itu aq suka bngt…
    apalagi cabe…
    Tuhan selamatkan hamba dari godaan makanan2 terlarang….
    amiinnnnn

    **eM hehee.. okeey.. ga perlu terlalu ketat mengikutinya.. mungkin sesekali boleh yaa di langgar.. asal tak berlebih semoga aman saja.. :)

  3. hmmm… kesiksa banget yach!!!! :’(
    padahal seafood makanan favorit aku, terutama UDANG.
    buah – buahannya jg bgtu. arrrghh.. goldar A sudah seharusnya jd vegetarian sejati.

    *eM… ˚⌣˚ yaa gak kaku2 jg sih.. Ini kan sekedar saran..bila dituruti mungkin ada manfaat yg akan terasa.. Namun bila kamu ingin menikmati setiap makanan favorit mu masih boleh kok.. ˚⌣˚
    Salam..

  4. hhmm.. gol darahku O.. msh jauh dr A.. kyknya harus sabar utk dibuatkan postingan ttg Gol darah O nih… wkwkwk

    **Em.. blom hunting lagi.. :)

  5. Asslm,,cari aj dGoogle ttg gol.dar byk loh..Semakin byknya sy tdk sempat memberiny dsni,,tinggal ketik..cari deh ap yg ingin qt ktahui dr gol.dar tersebut slamat mencoba nd trims,,infonya cukup brmanfaat bg sy :>

    **Em.. thx 4 info.. sist..

  6. Ping-balik: *Menu Sehat Untuk Golongan Darah a « Catatangusmaya « chasestudentloanconsolidation

  7. allooww mbak, apa khabar?
    huu, dah lama ga BW.
    Thanks for everything.
    aku masih di luar kota.

    * mmm. sayangnya qita beda goldar nya.
    Tapi buat nambah ilmu, kudu di baca.
    besok2 ke goldar lainnya yaa.
    doyan durian ya? Sama dUnk. Salam kangen ajaH.

    **Em: halooww juga…
    kangen penuh bwat kamu…:-)

  8. Hmm,, aq juga ‘A’ tapi aq suka banget sama seafood terenak itu…UDANG??? salah kalii…udang ga termasuk kali bu????
    Ayo coba di cek dulu??? hihihi

    **Em: yeee..’ga caya ‘an..
    di baca sendiri.. aja…Kak..? tuh di meja kamar aku..

  9. Masih bingung bu…
    Masih penasaran bu…
    Yang mana sih?
    Terus kenapa sih?
    Terus gimana sih? :(
    Bisa mati penasaran neh

    **Em: **Mati aja…
    #@di ucapkan pelan.. dagu diangkat.. sambil jalan berlalu…
    :lol:

  10. oh kebetulan golongan darah kita sama2 A ya.
    wah, kebetulan juga bunda paling suka makan seafood, tapi susu nggak boleh ya, padahal paling suka,( nggak ada yg nggak suka kayaknya).
    he….he……….pantesan bunda ndut……………… *nyari2alesan*
    terima kasih utk infonya yg sangat bermanfaat Mbak.
    salam.

    **Em: :lol: hehe.. iya bunda..semua yang sebenarnya tak baik untuk golongan darah A.. aku suka.. spt: udang..Ice cream..daging..Hmm.. tapi demi sehat.. ku coba jalani.. toh dahulu juga sudah tau lah rasanya rendang.. pedass..:lol:

  11. Sayang sekali golongan darah aku AB+, bun. Jadi tidak bisa mengikuti tipsnya bunda. Tapi tipsnya pasti bermanfaat untuk orang banyak yg belum tau, bun. :D

    **Em:Terimakasih kunjungannya Rheva.. q juga sangat harapkan ini guna tuk yang mungkin sedang membutuhkan.. :)

  12. yang golongan darah o?

    salam blogger,
    masmpep.wordpress.com

    **Em: golongan darah O.. nti aku hunting dulu yaa..?? :lol:
    salam blogger..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s